Contoh Judul Skripsi Ilmu komunikasi
Niken Febrina Ernungtyas, author
Penerimaan Teknologi Komunikasi Berbasis Aplikasi Mobile = The Acceptance of Communication Technology Based on Mobile Application
Aplikasi komunikasi mobile telah diterima dan digunakan secara luas seiring dengan tingginya adopsi smartphone. Penelitian ini menjelaskan penerimaan teknologi komunikasi berbasis aplikasi berdasarkan perspektif bukan pengguna. Penerimaan teknologi komunikasi diamati berdasarkan 13 variabel yaitu (1) perlakuan/treatment berupa membaca review dan atau mencoba aplikasi, (2) norma subyektif, (3) perceived behavioral control,...
Briant Otmen, author
Analisis perbedaan faktor yang mempengaruhi adopsi E-Marketplace dan Instagram untuk berjualan secara daring oleh UMKM di Indonesia = Adoption factors analysis of E-Marketplace and Instagram for online selling by MSMEs in Indonesia
Maudy Elvira Saraswati, author
Perencanaan program humas pemasaran dalam upaya meningkatkan brand awareness Phantasien = Marketing public relations program planning as an effort to increase Phantasien's brand awareness
2019
Laura Brigitta Ludju, author
Pengaruh celebrity brand dan user personality congruence dalam celebrity endorsement terhadap brand attitude dan dampaknya pada brand purchase intention: studi pada kolaborasi lipstick lokal Indie SAS C dengan Tyna Kanna Mirdad dalam sosial media Instagram = The impact of celebrity brand and user personality congruence on brand attitude and the impact on brand purchase intention: study on local Indie lipstick SAS collaboration with Tyna Kanna Mirdad in social media Instagram
ABSTRAK
Penelitian ini mengadopsi penelitian yang dilakukan oleh Pradhan, Duraipandan dan Sethi (2014) di India. Objek penelitian tersebut adalah brand sepatu olahraga seperti Adidas, Nike, Puma dan Reebok. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kesesuaian kepribadian konsumen dengan merek (UP-BP congruence), kesesuaian merek dengan selebriti (BP-CP congruence), dan kesesuaian selebriti dan...
2019
Rahmi Tri Wahyutika, author
Strategi NET TV untuk bertahan dalam persaingan stasiun televisi terestrial (studi kasus program NET TV Ini Talkshow) = NET TV strategies to survive in terrestrial television competition (case study on Ini Talkshow)
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang strategi bisnis yang digunakan program NET Ini Talkshow agar mampu bersaing secara profesional dalam persaingan stasiun televisi terestrial. Penelitian ini akan mendeskripsikan penerapan strategi blue ocean pada aspek khalayak, isi tayangan, serta promosi program Ini Talkshow. Penelitian ini menggunakan paradigma positivis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data...
2018
Pungky Martha, author
Analisis penerapan relationship management sebagai strategi dalam mengelola reputasi agregator berita UC News = Analysis of the application of relationship management as strategy to manage reputation in news aggregator companies
ABSTRACT
Reputasi di mata publik merupakan asset berharga yang perlu dijaga demi kelangsungan bisnis sebuah perusahaan. Membina hubungan baik dengan publik perusahaan dapat menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk mengelola reputasinya di mata publik. Relationship Management merupakan teori dalam kehumasan yang berfokus pada aspek hubungan yang saling menguntungkan di antara dua...
2019
Shafira Anisa Mujihastuti, author
Manajemen krisis public relations Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menyikapi berita bohong (hoaks) yang beredar terkait dengan kebijakan registrasi ulang kartu prabayar (periode Oktober-November 2017) = Public relations crisis management which have been implemented by Ministry of Communication and Information to respond hoaxes related to re-registration prepaid cards policy (October-November 2017 period)
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai manajemen krisis Public Relations yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menyikapi berita bohong (hoaks) yang beredar terkait dengan kebijakan registrasi ulang kartu prabayar dengan periode penelitian bulan Oktober hingga November 2017. Hoaks yang tersebar diantaranya adalah tentang akan adanya penyalahgunaan data, penggunaan nama ibu kandung...
2019
Panggabean, Ruth Lidya, author
Fenomena celebrification melalui YouTube : kelompok musik Eclat Story = Celebrification phenomenon through YouTube : Eclat Story music group
ABSTRAK
Tulisan ini menjelaskan proses transformasi sosial orang-orang biasa menjadi selebriti, atau yang disebut sebagai celebrification, dengan YouTube sebagai kanalnya. Sesuai jargon YouTube Broadcast Yourself, para pengguna dapat menyiarkan dirinya maupun konten buatannya kepada pengguna YouTube lainnya secara global. Mereka yang awalnya hanya pengguna biasa dapat menjadi populer dengan menerapkan strategi tertentu. Pendampingan dari pihak...
2018
Agung Kurniawan, author
Peran komunitas dalam membangun branding tempat (studi kasus pada komunitas pariwisata di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah) = The Role of community in building place branding (a case study on tourism community in Kebumen District, Central Java)
2018
Simamora, Marlincha, author
Hubungan jenis kelamin, socioeconomic status, internet usage dengan consumer ethnocentrism = Relationship between gender, socioeconomic status, and internet usage to consumer ethnocentrism
b>ABSTRAK
<
Dewasa ini perkembangan globalisasi sudah tidak lagi terbatas ruang dan waktu. Salah satu dampak dari globalisasi adalah kecenderungan terhadap sikap etnosentrisme konsumen. Penelitian kuantitatif ini bertujuan menganalisis hubungan antara Jenis Kelamin, Socioeconomic Status, dan Internet Usage dengan Consumer...
2018
Ulfa Chairina Zirfi, author
Analisis strategi manajemen isu yang dilakukan PT Korinus dalam menyikapi pemberitaan negatif di media online (studi kasus pemberitaan temuan kandungan babi pada produk mi samyang periode Januari - November 2017) = Analysis of issue management strategy conducted by PT Korinus in responding to negative coverage in online media (case study : media coverage about Samyang noodle contains pork ingredients from January to November 2017)
ABSTRAK
Setiap perusahaan memiliki potensi dilanda isu dan krisis yang mengakibatkan pemberitaan negatif di media online. Ketika perusahaan dihadapkan dengan isu yang tidak menguntungkan, humas perlu melakukan manajemen isu untuk mencegah berkembangnya isu menjadi krisis. Salah satu pemberitaan yang cukup mengagetkan publik adalah hasil temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)...
2018
Fakhrana Nadia Ramadhani, author
Pengaruh sikap pada kreativitas iklan terhadap minat pembelian = Influences of attitudes toward advertising to purchase intention
ABSTRAK
Penelitian ini membahas pengaruh sikap pada kreativitas iklan pada minat pembelian, studi kasus yang diambil adalah iklan digital dari merek es krim lokal yaitu Indo Eskrim. Kreativitas iklan diukur melalui tiga dimensi yaitu dimensi kebaruan (subskalaoriginalitas), dimensi resolusi (subskala logis), dimensi elaborasi dan sintesis (subskala dibuat dengan baik). Penelitian ini...
Depok: Universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 2018
Cut Ghiova Sabila, author
Perencanaan program humas pemasaran untuk meningkatkan brand image Jambo Kupi Sejuta Rasa Aceh = Marketing public relation program planning to strengthen the brand image of Jambo Kupi Sejuta Rasa Aceh
2018
Sarah Annida Hanifah Hanum, author
Perencanaan strategi komunikasi pemasaran terpadu radio kampus RTC UI FM periode Januari - Juni 2019 = Integrated marketing communication strategy plan for college radio "RTC UI FM" : January - June 2019 period.
2019
Adelia Thiorina, author
Representasi perilaku agresi dalam sinetron Anak Langit: kajian semiotika charles sanders peirce = Representation of Aggression in sinetron Anak Langit: charles sanders peirce semiotic analysis
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang representasi perilaku agresi pada adegan-adegan sinetron Anak Langit di stasiun televisi SCTV. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan berfokus pada analisis deskriptif. Proses penelitian dilakukan dengan analisis observasi. Hasil penelitian menemukan bahwa setiap elemen-elemen drama yang digunakan dalam menyajikan adegan yang bermakna perilaku agresi. Melalui elemen-elemen...
2018
Poppy Anggreini, author
Rencana strategi marketing public relations untuk meningkatkan brand equity terhadap Caring Colours Martha Tilaar = Marketing public relations strategy plan to increase brand equity for Caring Colours Martha Tilaar
2018
Anyssa Rizka, author
Perencanaan program komunikasi pemasaran fitur forum Komunitas Instant Messaging "Line Square" periode Februari - April 2019 = Marketing communication program plan for Instant Messaging Community Feature "LINE Square" February - April 2019
2019
Choi Tae Hee, author
Pengaruh eSports pada tren Korea Selatan = The influence of eSports on South Korean trends
ABSTRAK
Dengan diperkenalkannya e-Sports, game telah muncul sebagai budaya publik baru. Juga, itu memiliki efek positif pada industri terkait termasuk game, konten, penyiaran, IT dan lainnya. Studi tentang perilaku konsumen eSports diperlukan untuk vitalisasi berkelanjutan industri eSports. Dalam studi ini, kita akan membahas faktor pengembangan e-sports di Korea melalui kasus Riot...
2018
Stanley Widianto, author
Upaya kantor berita Indonesia dalam menanggulangi fenomena global penyebaran berita palsu (studi pada Tempo dan Tirto ID) = How Indonesian media organizations handle the global pheomenon or fake news (study on Tempo and Tirto ID)
ABSTRAK
Makalah ini membahas soal prevalensi berita palsu dan berbagai upaya yang telah dilakukan pelbagai kantor media - dalam hal ini: majalah Tempo dan situs berita Tirto ID - untuk memeranginya. Melalui sub-bagian pengecekan data maupun penyuluhan, kedua berita ini merupakan contoh dari penjunjungan elemen terpenting dari jurnalisme, yaitu verifikasi berita....
2018
Jeong Jong Hwan, author
Analisis strategi integrated marketing communication untuk mobile platform Korea 'Kakao' menuju ke pasar Asia Tenggara = Analysis of integrated marketing communication strategy for Korean mobile platform Kakao's entry into Southeast Asia market
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan studi kasus yang membahas mengenai kegunaan strategi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam pemasaran. Pada penelitian studi kasus ini, terdapat bagaimana strategi IMC digunakan oleh perusahaan Kakao dalam aktivitas pemasaran. Pemasaran dalam studi ini memfokuskan pada pengaruh aspek strategi IMC pada perusahaan Kakao dan bagaimana strategi ini dapat...
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
Anggita Septia Pradipta, author
Komunikasi layanan pra dan pasca penjualan di online marketplace saat peristiwa khusus (studi evaluatif hari belanja online nasional di Bukalapak) = Communication of pre-sale and post-sale services on the special events (evaluative study on hari belanja online nasional at Bukalapak) / Anggita Septia Pradipta
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komunikasi layanan pra dan pasca penjualan pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di sebuah online marketplace, yaitu Bukalapak, yang menggunakan paradigma post-positivisme. Dalam Smith (2002) dikatakan dalam melakukan komunikasi persuasi, salah satu teknik paling menarik adalah dengan mengadakan peristiwa khusus. Harbolnas, sebagai salah satu cara...
2018
Suci Novelyna Anansi, author
Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial : Studi Terhadap Kampanye Program Three Ends Oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KPPPA) = Use of Social Media in Social Marketing (Study of Three Ends Program Campaign by the Ministry of Women Empowerment and Child Protection (KPPPA)
Tingginya tingkat kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak telah menyebabkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menciptakan Kampanye Three Ends, yang terdiri dari tiga program: menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak, menghentikan perdagangan manusia, dan menghentikan kesenjangan ekonomi bagi perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas...
2019
Sindy Arlitha, author
Pembuatan film pendek "Kina." = The Making of "Kina." short film
2018
Ilham Darussalam, author
Laporan prototype film dokumenter "Waria Undercover" = "Waria Undercover" documentary film prototype report
BAGIAN SATU
Analisis Situasi
Keberadaan waria sering mendapat diskriminasi, kekerasan, dikucilkan, maupun ditolak keberadaannya di masyarakat. Miskonsepsi terhadap ajaran agama juga seakan melanggengkan sikap diskriminasi terhadap waria. Media mainstream yang jarang mengupas hal ini membuat dokumenter menjadi solusi akan permasalahan tersebut. Hasil riset masih menunjukan bahwa peminat dokumenter masih...
2019
Riski Anita, author
Pembuatan film pendek "(I)NSTAGRAM = "(I)NSTAGRAM" short film making
BAGIAN SATU Analisis Situasi Kemunculan teknologi berbasis internet menyebabkan perubahan media dari analog menjadi digital dan memunculkan media baru berupa media sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial cukup popular digunakan oleh digital native. Berdasarkan hasil riset, Instagram memiliki keterikatan yang cukup kuat terhadap penggunanya sehingga dapat mengakibatkan ketergantungan. Oleh karena...
2018
Vania Alya Putri, author
Perencanaan komunikasi pemasaran terpadu Lacrou Artisan French Patisserie periode Januari - Juni 2019 = Integrated marketing communication plan of Lacrou Artisan French Patisserie Period January - June 2019
ABSTRAK
Lacrou Patisserie adalah sebuah toko kue lokal yang secara khusus memproduksi kue pastri Prancis (Patisserie). Lacrou mengambil konsep Artisan, yang mana memiliki keunggulan tersendiri, seperti bahan dasar yang memiliki kualitas tinggi dengan jumlah terbatas, tanpa pengawet, dibuat dengan tangan, serta tidak melewati proses pembuatan di pabrik konvensional. Lacrou memiliki varian produk kue pastri Prancis...
2019
Idham Tamim Aldary, author
Studi visual analysis : civic engagement dalam kampanye politik pada akun instagram @ridwankamil = Visual analysis study : civic engagement on political campaign of instagram account of @ridwankamil
Penelitian ini membahas identifikasi dan pengungkapan makna pesan yang terkandung dalam posting pada akun instagram Gubernur Jawa Barat 2018 Ridwan Kamil dengan nama akun @ridwankamil. Penelitian ini mengambil waktu pada masa kampanye Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 yang dimenangkan oleh Ridwan Kamil. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dengan pendekatan...
2019